Bukit Pesagi, Mistis Hingga Sejarah Cikal Bakal Orang Lampung

LAMPUNG, GirPos.com – Gunung pesagi yang dikenal sebagai “Bukit Pesagi” adalah gunung tertinggi di wilayah Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Barat, gunung tertinggi ketiga di Provinsi Lampung, setelah gunung Raja Basa dan gunung Tanggamus, Minggu (4/2/2024).

Dikutif dari berbagai sumber, bahwa Bukit Pesagi mempunyai ketinggian 2.200 meter diatas permukaan laut, Dinamakan Bukit Pesagi karena gunung yang satu ini dilihat dari sudut mana pun akan tetap berbentuk sama.

Dan jika kita ingin mendaki ke Bukit Pesagi ini anda bisa menempuh jalur-jalur yang sudah disediakan, dan Bukit ini termasuk di dalam golongan gunung kategori Hutan Lindung atau gunung yang dilindungi oleh negara.

Gambar pengunjung mendaki Bukit Pesagi, doc photo; (Mulyanto/GirPos)

Bukit Pesagi, menyimpan banyak sekali cerita dan sejarah, terutama bagi suku pribumi (Lampung). Karena dari sinilah cikal bakal nenek moyang orang Lampung berasal.

Menurut cerita orang Lampung (wakhahan) yang dikutif media online, Bermula dari kisah Kun Tunggal dari Pagaruyung (Sumatera Barat) yang menikah dengan seorang Putri dari Kahyangan.

Lalu mereka menurunkan anak yang diberi nama Umpu Serunting, yang selanjutnya berpindah ke Bumi Sekala Bekhak dan mendirikan Keratuan Pemanggilan.

Umpu serunting (Sekh Hutting) ini mempunyai lima orang anak yaitu;

1. Umpu Bejalan Diway.

2. Umpu Belunguh.

3. Umpu Pernong.

4. Umpu Nyerupa.

5. Puteri Bulan.

Dan diyakini mereka berlima inilah yang menjadi nenek moyang orang Lampung yang ada saat ini.

Itulah mengapa, Bukit pesagi menjadi salah satu Bukit yang sangat Keramat, dan Sakral bagi orang Lampung. Karena banyak menyimpan sejarah Lampung dimasa lampau.

Terlepas dari itu, semua Bukit Pesagi inipula masih menyimpan banyak aura Mistis, Karena Bukit ini pada dasarnya adalah kerajaan para lelembut dari bangsa jin muslim.

Dan Bukit Pesagi ini juga terbagi menjadi Dua (2), yaitu:

Pesagi Besar dan Pesagi Kecil, Pesagi Besar adalah gunung yang sering kita lihat saat ini, dan siapapun bisa mendaki ke atasnya.

Baca Juga: Keindahan Pesona Bukit Pesagi 

Sedangkan Pesagi Kecil adalah gunung berada dibalik Bukit Pesagi Besar dan tidak terlihat serta hanya orang-orang tertentu yang bisa memasukinya.

Pada saat hari-hari tertentu maka kita akan menemukan banyak sekali pendaki dan peziarah dari luar daerah Lampung Barat, bahkan ada yang dari pulau Jawa yang mendaki ke Bukit ini, terutama pada tahun baru islam (muharram) atau bulan Suro.

Ada yang berniat hanya ingin berwisata dan adapula yang mempunyai maksud-maksud tujuan tertentu.

Dan menurut cerita di Bukit ini ada sumber mata air berjumlah tujuh buah atau yang sering disebut masyarakat Lokal Sumur Pitu, Dan jika nasip anda beruntung maka ke Tujuh Sumur ini akan dipenuhi air dan itu berarti bahwa nasip anda akan bagus, terutama dibidang usaha serta jabatan.

Asal-usul (Sumur Pitu) sendiri menurut cerita dari para orangtua terdahulu berasal dari ketujuh wali yang pernah singgah di Bukit Besagi, dimana setiap wali yang pernah singgah akan membuat satu buah petilasan berupa sumur. (Red)

 

BACA JUGA  Pantai Cemara Punya Daya Tarik Tersendiri, Tiket Masuk Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *