KWRI Kabupaten Pringsewu Bersikap Netral dalam Pemilu

PRINGSEWU, GirPos.com – Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Kabupaten Pringsewu mendorong wartawan untuk berperan aktif dalam mewujudkan Pemilu Damai 2024 dengan mempertahankan sikap netral dan menghormati martabat profesi, Jumat (9/2/2024).

Sebagai pilar keempat demokrasi, memiliki peran penting dalam menentukan kesuksesan dan kelancaran proses demokrasi Pemilu 2024.

” Peran penting wartawan untuk meuwujudkan Pemilu Damai 2024. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menyampaikan kebenaran di tengah maraknya informasi hoax dan berita bohong yang saat ini sangat mudah diproduksi dan sering kita temui saat perhelatan demokrasi,” Ujar Ketua KWRI Kabupaten Pringsewu Davit Segara kepada pewarta ini, Jumat (9/2/2024).

Davit menyebut peran jurnalis, selain memberikan kritik terhadap kinerja pemerintah, juga bisa memberikan sosialisasi kebudayaan dan memberikan kontribusi pemikiran pembangunan daerah maupun pusat.

BACA JUGA  Dengan Kompak, Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Perangkat Desa Pringsewu Bagikan 1000 Takjil

“Karena itu, penting kiranya bagi wartawan untuk mengerti dan turut mengkampanyekan pemilu damai, bebas hoax, agar Indonesia tetap terjaga dan kondusif, “Kata Davit.

Jenjang wartawan Madya UKW Dewan Pers alumni London School angkatan 2018 ini mengajak wartawan khususnya tergabung dalam KWRI Kabupaten Pringsewu untuk menyajikan informasi yang sesuai dengan kode etik jurnalistik, serta berperan dalam meluruskan informasi yang bersifat hoaks. Dengan demikian, diharapkan Pemilu Damai 2024 dapat terwujud.

Ditambahkan olehnya, bilamana menyadari adanya upaya pihak tertentu yang memanfaatkan media untuk kepentingan politik, Davit mengingatkan agar wartawan menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam perpecahan.

“Saya minta selama proses Pemilu 2024, wartawan itu harus selalu menjaga netralitas, “tutupnya. (KWRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *