Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan Saat Berada di Pulau Menjangan

Gambar ilustrasi bersantai di pantai, doc photo: [istimewa/GirPos]

BANYUWANGI, GirPos.com – Pulau Menjangan adalah pulau kecil yang terkenal karena pemandangan bawah lautnya yang indah. Tak mengherankan pulau ini disebut sebagai surganya penyelam dan pencinta alam. Karena letaknya yang strategis di tengah Selat Bali dan masuk ke Taman Nasional Bali Barat, tempat wisata ini tidak hanya indah tetapi juga mudah diakses dari Pulau Bali maupun Banyuwangi, Sabtu (13/1/2024).

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan Saat Berada di Pulau Menjangan

Seperti tempat wisata lainnya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Bersantai di Pantai

Pulau Menjangan memiliki luas sekitar 6.000 hektar dengan banyak pantai kecil yang indah di sekitarnya. Dengan air yang jernih kebiruan, pasir pantai berwarna putih seperti salju.

Di pagi hari, Anda dapat berjemur di pantai, duduk di atas pasir untuk membaca buku, bermain air, berenang, atau sekadar menikmati keindahan alam. Anda akan senang menghabiskan banyak waktu di sini karena suasananya yang tenang. Tempat yang sempurna untuk bersantai.

Snorkeling

Salah satu tempat terbaik untuk snorkeling adalah Menjangan. Karena lautnya jernih, Anda dapat melihat ikan kecil, terumbu karang, dan biota laut lainnya dari atas permukaan air. Anda juga dapat menyewa peralatan sendiri untuk snorkeling, dan biaya sewa peralatan lengkap bersama jaket pelampung sekitar Rp 65.000.

Diving

Menjangan bukan hanya tempat untuk snorkeling; Anda juga dapat menyelam di beberapa tempat yang sangat menarik, seperti Secret Bay, Anchor Wreck, dan Eel Garden. Selama menyelam, Anda dapat melihat keanekaragaman hayati yang indah.

Selain itu, setiap lokasi poin diving menawarkan keindahan dan tantangan yang berbeda. Hal ini pasti akan meningkatkan keinginan Anda untuk menjelajahi kehidupan bawah laut Pulau Menjangan.

Trekking

Pulau Menjangan memiliki hutan tropis yang indah dan kehidupan bawah laut yang menarik. Selama Anda berada di pulau ini, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan trekking untuk menikmati alam secara bebas dan melihat berbagai flora dan fauna yang tinggal di sana.

Mengunjungi Pura

Pulau ini memiliki banyak pura. Salah satu yang paling populer dan terkenal adalah Pura Ganesha, yang didekorasi dengan patung Ganesha yang menghadap ke laut.

Sangat penting untuk mengenakan pakaian sopan saat mengunjungi pura ini. Perlu diingat bahwa selama masa peribadatan, pura tidak menerima kunjungan.

Berfoto

Tempat ini adalah tempat yang tepat untuk mereka yang suka mengambil foto yang luar biasa. Sudah jelas bahwa pemandangan alam Pulau Menjangan menakjubkan sejauh mata memandang.

Tiket Masuk Pulau Menjangan

Pengelola destinasi mematok tarif sekitar Rp15 ribu per orang untuk wisatawan lokal, dan Rp200 ribu per orang untuk wisatawan asing. Perlu diingat bahwa harga tiket tidak termasuk sewa kendaraan, dan tarif mungkin berubah sesuai kebijakan pengelola.

Alasan mengapa Anda harus mengunjungi Pulau Menjangan adalah air laut jernih kebiruan yang dihiasi dengan batu karang, pasir putih, deretan pohon rindang kehijauan, dan suasana yang menyenangkan.

Jika Anda ingin pergi ke Menjangan dengan kapal sewa atau speed boat, Anda tidak perlu khawatir. Untuk mencapai destinasi wisata ini, Anda dapat menggunakan beberapa rute, seperti yang disebutkan di bawah ini.

Via Banyuwangi: Anda dapat menuju Pelabuhan Muncar dengan menyewa kapal dari Bandara Blimbingsari. Salah satu cara lain untuk mencapai Menjangan adalah melalui Watudodol. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pulau Menjangan saat berlibur di Banyuwangi sering menggunakan rute ini.

Via Bali: Anda dapat menuju Taman Nasional Bali Barat dari Pelabuhan Gilimanuk, kemudian Anda dapat menyewa perahu untuk menuju Menjangan.

Alternatif lain adalah melalui Pelabuhan Lalang, di mana banyak perahu yang akan membawa Anda ke Menjangan dalam waktu 20 menit. (isk)

BACA JUGA  Air Terjun Madakaripura Salah Satu Wisata Alam Menarik di Probolinggo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *