Scroll untuk baca artikel
Example 425x400
Berita Peristiwa

Dari Empat Desa Sebanyak 1.172 Warga Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi di Evakuasi

54
×

Dari Empat Desa Sebanyak 1.172 Warga Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi di Evakuasi

Sebarkan artikel ini

Camat Wulanggitang, kabupaten Kupang, provinsi NTT, Fredy Moat Aeng, mengatakan sebanyak 1.172 warga dari empat desa terdampak erupsi Gunung Lewotobi laki-laki di Flores Timurdan dievakuasi ke beberapa posko yang ada.

Gambar Visual gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT, Selasa [2/1/2024]. Antara/HO-PVMBG.

KUPANG, GirPos.com – Camat Wulanggitang, kabupaten Kupang, provinsi NTT, Fredy Moat Aeng, mengatakan sebanyak 1.172 warga dari empat desa terdampak erupsi Gunung Lewotobi laki-laki di Flores Timurdan dievakuasi ke beberapa posko yang ada.

“Jumlah itu termasuk ibu hamil, lanjut usia, dan bayi balita, dari empat desa yang dievakuasi,” kata Fredy dari Wulanggitang, Flores Timur, dilansir Antara pada Selasa [2/1/2024]

Gunung api Lewotobi Laki-laki di Flores Timur kembali erupsi pada 1 Januari 2024 menyusul kenaikan status dari Level II atau Waspada menjadi Level III atau Siaga.

Akibat erupsi, kata dia, warga dari empat desa yang berjarak dua hingga tiga kilometer dari gunung tersebut terdampak abu vulkanik dan harus dievakuasi. Empat desa itu yakni Klatanlo, Hokeng Jaya, Nawokote, dan Waiula.

BACA JUGA  Kapolda NTT Imbau Jaga Kedamaian di Masa Pemilu

Warga pun mengungsi pada beberapa posko yang disiapkan pemerintah daerah [Pemda] seperti di Kantor Camat, SDK Kemiri, SMPN 1 Wulanggitang, CU Remaja Hokeng, polsek, dan koramil. Sebagian lain mengungsi di rumah warga desa tetangga yang tidak atau kurang terdampak.

Ia menambahkan situasi di wilayah itu masih dihujani abu vulkanik sejak Senin [1/1] kemarin. Pihak kecamatan masih terus melakukan pendataan baik terhadap warga terdampak maupun posko atau rumah-rumah yang ditempati warga.

Atas kejadian ini, Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Flores Timur telah menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak erupsi.

Bantuan yang disalurkan antara lain beras, gula pasir, minyak goreng, air, terpal, masker, selimut, dan tenda baik dari BPBD Flores Timur maupun Dinas Sosial Flores Timur.

BACA JUGA  Akibat Hujan, Kapolda Riau Kerahkan Personel yang Berdampak Banjir

Bantuan telah disalurkan langsung oleh Penjabat [Pj] Bupati Flores Timur Doris Rihi bersama para pemangku kepentingan kebencanaan lain saat meninjau titik pengungsian warga di Boru, Kecamatan Wulanggitang, dan titik-titik perkumpulan warga yang mengungsi pada Senin. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250