Pringsewu Berdaya Saing Gelar Forum Konsultasi Publik, RPJPN Tercantum Visi Indonesia Emas 2045

Doc photo istimewa

PRINGSEWU, GirPos.com – Pemkab Pringsewu menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) kabupaten Pringsewu 2025-2045, Jumat (15/12/2023).

RPJPD ini merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun kedepan, yang berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sesuai ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri NO. 86 Tahun 2017.

Pj. Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah saat membuka kegiatan ini di Hotel Urban Pringsewu pada Rabu 13 Desember 2023, mengatakan Rancangan Awal RPJPD kabupaten Pringsewu 2025-2045 yang saat ini sedang disusun harus selaras dengan RPJPN dan RPJPD Provinsi Lampung.

“Adapun dalam RPJPN tercantum Visi Indonesia Emas 2045 Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan. Sedangkan untuk Visi RPJPD Provinsi Lampung adalah Mandiri, Maju dan Berkelanjutan,” kata Pj Bupati.

BACA JUGA  Kasatlantas Polres Pringsewu Pimpin Pelatihan Keterampilan Lalu Lintas untuk Pelajar Pringsewu

Dan juga, adapun usulan Visi Kabupaten Pringsewu 2025-2045 adalah Pringsewu yang Berdaya Saing, Maju dan Berkelanjutan.

“Hal ini menjadi doa agar Pringsewu dapat berkontribusi nyata menjadi bagian dari Visi Indonesia Emas 2045,” paparnya.

Lebih lanjut dipaparkan Pj. Bupati Pringsewu bahwa ada beberapa pertimbangan isu-su strategis daerah yang menjadi pijakan dalam menetapkan visi dan misi serta arah kebijakan di kabupaten Pringsewu 2025-2045.

“Yaitu pertama, Daya saing SDM yang berkualitas, yang kedua, Kualitas perekonomian daerah, ketiga, Tata kelola pemerintahan, Stabilitas daerah, keempat, Keseimbangan sosial budaya dan lingkungan hidup serta kelima, Infrastruktur publik yang berkelanjutan,” terang Pj Bupati.

Pj. Bupati Pringsewu juga berpesan agar visi dalam RPJPD kabupaten Pringsewu yang dicanangkan memiliki kekuatan, menjadi semangat, mencerminkan sikap dan merupakan cita-cita seluruh masyarakat.

BACA JUGA  Ramadhan 1445 H, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Pringsewu, Laksanakan Karya Bakti 'Berbagi Takjil'

“Prioritas untuk tetap menjaga stabilitas, sikap toleransi, persatuan dan kesatuan, memastikan keberlanjutan dan berjalannya estafet kepemimpinan. Selain itu di era globalisasi saat ini, penting untuk memperkuat jati diri menjadi insan yang berkarakter positif, religius, berakhlak, cinta budaya, cinta lingkungan dan cinta tanah air,” pesan PJ Bupati Adi Erlansyah.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Pringsewu, Imam S. Raharjo memaparkan tujuan digelarnya Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD kabupaten Pringsewu 2025-2045.

“Untuk mensosialisasikan substansi rancangan awal RPJPD kabupaten Pringsewu 2025-2045, kepada stakeholder pembangunan, membangun ownership dan rasa kebersamaan dalam tahapan dan proses penyusunan RPJPD,” paparnya. (Red)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *