Agar Bisa Bekerja, Pekon Suka Negara Adakan Pelatihan Aparatur

Gambar Pelatihan Aparatur Pemerintah Pekon Suka Negara, (Doc Photo: Samsoni)

PESISIR BARAT, GirPos.com – Dalam melaksanakan tugas dan poksinya, aparatur Desa/Pekon harus mengetahui tugas masing-masing, supaya aparatur Pekon Bisa bekerja sesuai apa yang diharapkan masyarakat, untuk Pekon maju dan sejahtra, Kamis (7/12/2023).

Hal ini dilakukan Pekon Suka Negara yang mengadakan Pelatihan aparatur Pekonnya yang dilaksanakan di Balai Pekon Suka Negara, kecamtan Ngambur, kabupaten Pesisir Barat.

Dalam pelaksanaan tersebut di hadiri oleh nara sumber dari pemerintah daerah kabupaten Pesisir Barat Aliful, TAPM, dan PLD Resi Fitria, S.Pdi, Pratin dan apartur Pekon beserta Staf dan TPKK Pekon Suka Negara, Elly Efrianingsih.

Dalam Sambutan Pratin Matsum, S.E, menyampaikan ucapan terimakasih kepada nara sumber dan juga PLD semua yang hadir.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini bisa menambah pengalaman dan wawasan khusus nya bagi aparatur Pekon untuk menjalan kan tugas nya sesuai foksinya masing-masing, imbuh nya,” paparnya.

Aliful, TPAM sebagai nara sumber menyampaikan dalam sabutannya, uacapan terima kasih kepada Pratin yang sudah memberikan luang waktu untuk menyampaikan sedikit aturan dan foksi aparatur Pekon. Dan memang harus tau apa tugas dan foksi aparatur masing-masing.

“Saya sampaikan tugas dan foksi masing-masing aparatur Pekon diantaranya, Sekretaris Pekon bertugas membantu kepala Pekon dalam bidang administrasi pemerintahan. Melaksanakan ketata ushaan, urusan umum, keunagan, dan administrasi keungan dan verpikasi urusan keuangan, serta Perencana APBDes MengInventarisir data-data dalam rangka pembangunan serta penyusunan laporan,” terangnya.

Masih dikatakannya, Kepala Seksi Pemeintahan (KASI) bertugas sebagai membantu kepala Pekon sebagai tugas oprasional, melaksanakan manajemen, tata prja pemerintahan, penyusun rancangan regulasi Pekon, pendata dan pengelolaan wilayah, dan
Propil Pekon penyelenggara pemerintah Pekon, pembina impormasi pemerintahan Pekon kepada masyarakat.

“Kepala seksi kesejahtraan bertugas membantu kepala Desa sebagai tugas oprasiinal, perencanaan pelaksanaan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan Pekon dan pemberdayaan masyarkat, menginventarisir dan penataan pembanguanan tingkat Pekon, dan prasarana peningkatan pembangunan Pekon,” kata Aliful.

“Kepala Seksi Pelayanan bertugas sebagai membantu kepala Desa sebagai tugas oprasional penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat dan pengendalian Evaluasi kegiatan penyandang masalah kesejahtraan, sosial, keagamaan dan peranserta masyarakat.”

“Kepala Urusan Perencanaan membantu sekretaris Pekon dalam urusan pelayanan administrasi pendukung, pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pengoordinasikan urusan perencanaan APBDes, mengInventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monotoring Evaluasi program dan
penyusunan laporan.”

“Kepala urusan Keuangan (KAUR) bertugas membantu sekretaris Pekon, dalam urusan pelayanan tugas-tugas pemerintahan, administrasi Keuangan, pendapatan, dan pengeluaran, vervikasi administrasi Keuangan, Penghasilan Kepala Pekon, perangkat Pekon, BPD
lembaga pemerintahan Pekon.”

“Kepala Urusan Umum (KAUR) membantu sekretaris Desa dalam urusan Pelayanan administrasi pendukung pelaksanaan tugasnpemerintahan, administrasi surat menyurat, Arsip, Penyediaan prasarana prangakat Desa, Kantor, penyiapan rapat Inventralisasi Dinas dan Perjalan Dinas.”

“Kepala Dusun (KADUS) Berkedudukan sebagai unsur pelaksana tugas Kepala Pekon dalam wilayah kerja nya, menjalan kan Kegiatan KepalabPekon dalam kepemimpinan Kepala Pekon diwilayahnya, Pembinaan dan ketentraman, ketertiban, upaya perlindungan masyarakat, mobiltas Kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah kerja nya, pengawasan pembangunan di wilayah kerjanya, dan pembinaan Masyarakat, meningakat kan kemampuan kesadaran masyarakar dalam menjaga lingkungan dan mengupayakan yang baik kepada masyarakat,” tukas Aliful. (Samsoni)


BACA JUGA  Latpraops Lilin Candi 2023 Polda Jateng; mempersiapkan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *