Scroll untuk baca artikel
Example 425x400
Berita DaerahTasikmalaya

Kegiatan P2WKSS di Kp.Kalawagar Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023

113
×

Kegiatan P2WKSS di Kp.Kalawagar Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
doc photo istimewa

TASIKMALAYA, GirPos.com – Verifikasi Lapangan Evaluasi Akhir Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera ( P2WKSS ) tingkat Provinsi Jawa Barat yang bertempat di Kp.Kalawagar Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023. Senin (04/12/2023).

Acara tersebut di hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Dr.H.Muhamad Zen M,Pd ,Ketua Penggerak Kab.Tasikmalaya Hj. Ai Diantani Sugianto, Kepala Dinas Sosial Opan Sopyan, kepala dinas PMD Asep Darisman, Kepala Dinas DPMPTSP Dr Faisal, Kepala BPBD Nuraedin , Camat Kecamatan Singaparna H.Yana Suryana , MUI Kecamatan Singaparna H.Ucu , Kepala Desa Singasari, TNI , Polri, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat.

Pada sambutan nya Eplose Progres Program Terpadu P2WKSS Tahun 2023, Kp.Kalawagar Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Peranan perempuan dalam meningkatkan pembangunan sangat menjadi penting karna hampir setengah penduduk indonesia adalah perempuan harus di perbiayakan sebagai subjek maupun objek pembangunan. Oleh karna itu kaum perempuan perlu mendapat perhatian khusus dalam pembangunan manusia dan pembangunan penanganan serius dari pemerintah, sehingga kaum perempuan bisa bangkit dan dapat mengejar dalam ketertinggalannya.

BACA JUGA  Sekda Kabupaten Tasikmalaya Resmikan Loka Karya Seni Guru Penggerak SD,SMP,SMA Se Kabupaten Tasikmalaya

Di sisi lain bahwa dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, perempuan harus di beri pasilitas untuk maju karna perempuan dan keluarga merupakan unit terdepan dalam membangun kekuatan dan kesejahteraan masyarakat yang lebih luas, sehingga pasilitas yang bisa di berikan, misalanya di beri kesempatan untuk sekolah dan dibekali dengan berbagai keterampilan sesuai dengan genap dan kemampuan.

Pembangunan yang di laksanakan pada saat ini membutuhkan kolaborasi peranan perempuan yang lebih optimal di segala bidang, baik itu bidang kesehatan, bidang politik, pendidikan maupun ekonomi. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas perempuan adalah melalui program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS).

Program terpadu P2WKSS merupakan upaya pemerintah bersama masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan melalui program peningkatan peranan perempuan dalam pembangunan yang merupakan bagian integral dan tidak terpisahkan dari pembangunan nasional.

Program ini berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan memanfaatkan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan meningkatkan keluarga sehat,sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa dengan perempuan sebagai penggeraknya. Tahun 2023 ini kegiatan P2WKSS dan pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya dilaksanakan di Kp.Kalawagar Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Masyarakat Kalawagar Desa Singasari siap bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

BACA JUGA  Sebut Anggaran Kebersamaan Rp60 Juta, Ketua DPC APDESI Kepala Pekon Se-Pringsewu Jelaskan¬†

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya (Sekda) Dr.H.Muhammad Zen. M,Pd menuturkan,kami berharap selama berada di desa binaan P2WKSS ini tertredikasi mendapatkan kesan yang baik.”ucapnya.

Selanjutnya dalam kesempatan ini saya menyampaikan beberapa informasi singkat tentang kondisi Kabupaten Tasikmalaya pertama luas wilayah pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya adalah 270.677,66 Hektar dalam kontek regional berada di sebelah Tenggara Wilayah Provinsi Jawa Barat dengan batasan – batasan sebagai berikut , sebelah barat berbatasan dengan Kota Tasikmalaya,Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis . Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Garut , sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Ciamis, Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.”imbuhnya.

Namun penduduk Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan data dari Dinas Dukcapil berjumlah 1.947.448 jiwa jadi hampir 2 juta, jadi semua produktif. Yang terdiri dari Laki – laki 991.535 jiwa dan Perempuan 955.913 jiwa .”pungkasnya .

BACA JUGA  Dillah Hich Santuni Ratusan Anak Yatim, anak Hafis Quran dan Warga di Kecamatan Muarasabak Barat

Sementara Dr.H.Muahamad Zen.M,Pd menjelaskan, karna sehebat apapun program yang kita dorong kalau masyarakatnya tidak welcome, ya gak bakalan bisa , karna sesungguhnya adalah kekuatan masyarakat bukan hanya program yang sesaat , yang di harapkan permanen .

Dan Dr.H.Muhamad Zen.M,Pd Menambahkan untuk syarat program stunting adalah dari pra nikah kemudian setelah dia hamil tentunya harus mendapat masukan asupan gizi yang sehat dan tidak boleh ada tekanan – tekanan, keluarganya harus harmonis, kemudian setelah lahir pun sama karna ada 1000 hari kelahiran, karna 1000 hari itu adalah masa ke emasan seorang anak karna harus mendapat ruang biar tidak boleh bermimpi buruk secara langsung maupun tidak langsung.”Ucap Zen saat di wawancarai awak GirPos.com.

(Muhammad rohmat – Dindin Syamsudin)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250