Scroll untuk baca artikel
Example 425x400
Berita DaerahLampung Barat

SUKAESIH Kabiro Lambar: Peran Media Dalam Mengontrol Pemilu 2024

443
×

SUKAESIH Kabiro Lambar: Peran Media Dalam Mengontrol Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
(Gambar Sukaesih Kabiro GirPos.com)

LAMPUNG BARAT, GirPos.com – Sukaesih Kepala Biro Media GirPos.com kabupaten Lampung Barat (Lambar), Provinsi Pampung “mengingatkan” Peran Media dalam mengontrol Pemilu di tahun 2024. Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan salah satu pilar demokrasi yang penting dalam suatu Negara. Media massa memegang peran krusial dalam menyampaikan informasi dan memfasilitasi dialog politik.

Pemilu 2024, yang akan datang, menempatkan media sebagai penjaga demokrasi, memberikan tanggungjawab besar dalam memberikan informasi yang akurat dan membantu masyarakat membuat keputusan yang bijak. Artikel ini akan mengulas peran media dalam mengontrol Pemilu 2024.

“Media memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat. Dalam konteks Pemilu, ini mencakup memberikan laporan yang obyektif mengenai kandidat, partai politik, dan isu-isu yang relevan. “Media harus menjadi penjaga kebenaran, memeriksa fakta dengan teliti, dan tidak terjebak dalam sensationalisme,” Kata Sukaesih.

BACA JUGA  Minta Pemkot Palembang Segera Ambil Tindakan, PJU Jalan Ariodilla III di Keluhkan Warga¬†

Pendidikan Pemilih, Media memainkan peran penting dalam pendidikan pemilih. Masyarakat perlu diberikan pemahaman yang mendalam mengenai platform dan visi kandidat, serta implikasi dari kebijakan-kebijakan yang diusulkan. Dengan memberikan informasi yang mudah dicerna dan mendalam, media membantu masyarakat membuat keputusan yang lebih terinformasi.

“Mengawasi Proses Pemilu, Media juga bertugas mengawasi proses pemilu itu sendiri. Ini melibatkan pemantauan tahapan pemilu, melaporkan potensi pelanggaran atau kecurangan, dan memberikan liputan langsung selama hari pemungutan suara. Dengan mengawasi jalannya pemilu, media membantu memastikan bahwa proses tersebut berlangsung secara adil dan transparan,” paparnya.

Mendorong Partisipasi Pemilih, Media memiliki peran dalam mendorong partisipasi pemilih. Kampanye publik, debat kandidat, dan pemberitaan yang menginspirasi dapat meningkatkan minat dan keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses demokratis.

BACA JUGA  Kantor Bawaslu dan KPU Pesawaran Didemo Ratusan Massa

“Dengan menciptakan kesadaran akan pentingnya hak suara, media membantu membangun masyarakat yang terlibat dalam urusan politik,” tutur Sukaesih.

Menyuarakan Pluralisme, Media juga perlu menjadi wadah bagi beragam pandangan politik. Pluralisme dalam media memberikan ruang untuk diskusi dan pertukaran ide, menciptakan landasan untuk demokrasi yang sehat.

“Melalui pemberitaan yang inklusif, media membantu masyarakat memahami keragaman pandangan yang ada dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang luas,” ungkap Sukaesih.

Dalam Pemilu 2024, media memegang peran sentral dalam mengontrol dan membentuk jalannya demokrasi. Dengan menyampaikan informasi yang akurat, mendidik pemilih, mengawasi proses pemilu, mendorong partisipasi, dan menyuarakan pluralisme, media menjadi garda terdepan dalam melestarikan nilai-nilai demokrasi.

BACA JUGA  Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara Laksanakan Bimbingan Teknis Pemulihan dan Transpormasi Pembelajaran Melalui Penguatan Literasi

“Oleh karena itu, perlunya kerjasama antara media, pemerintah, dan masyarakat untuk memastikan Pemilu 2024 berlangsung dengan transparan, adil, dan mematuhi prinsip-prinsip demokrasi yang kokoh,” Tegas. Sukaesih. (Sukaesih)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250