Kapolres Boyolali Memimpin Evakuasi Penemuan 2 Granat Aktif


BOYOLALI, GirPos.com – Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, memimpin operasi evakuasi bersama Tim Jibom Gegana Brimob untuk mengamankan dua granat aktif yang ditemukan di rumah almarhum Asmuri, Dusun Sidoharjo RT 03/10, Banaran, Boyolali, pada Selasa (5/3/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasubden Gegana kombosit satbrimob Polda Jateng Iptu Arif Eko Prasetyo beserta Tim Jibom, Danramil kota Kapten CBA Pujiarto, Wakapolsek Byl Kota Iptu Aris Hartanto, Kanit Reskrim Polsek Byl Kota Ipda Ahmad Tri Hartono, serta personel Polsek lainnya.

Penemuan dua granat aktif yang disebut sebagai “Granat Manggis” dan “Granat Nanas” tersebut terjadi ketika anggota keluarga almarhum menemukan granat-granat tersebut dalam sebuah kotak kardus bekas setrika saat membersihkan kamar almarhum pada Senin (4/3/2024) malam sekitar pukul 19.30 WIB. Penemuan segera dilaporkan kepada istri almarhum.

Rumah tersebut dilaporkan kosong oleh warga setempat, hanya ditempati oleh Alamarhum Bapak Asmuri, sementara anak-anaknya telah memiliki rumah sendiri. Kepolisian setempat mendatangi untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat.

Tim Gegana kombosit satbrimob Polda Jateng Surakarta yang dipimpin Iptu Arif Eko Prasetyo beserta Tim Jibom tiba di lokasi pada pukul 12.15 WIB, untuk mengamankan granat-granat tersebut. Proses disposal (penguraian Bahan peledak) agar tidak membahayakan warga, dilakukan di Mako Brimob Kompi 3 Yon C Pelopor, Gunung Kendil, Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Pada pukul 14.44 WIB, disposisi granat berhasil dilaksanakan dengan aman.

Hadir dalam proses disposal tersebut antara lain Wadanki Brimob Kompi 3 Yon C Por Iptu Suparno, serta Danton 1 Brimob Kompi 3 Yon C Por Ipda S. Wibowo.

Pihak kepolisian menghimbau agar tidak timbul kekhawatiran di kalangan masyarakat, dan langkah-langkah preventif akan segera diambil untuk menangani hal ini dengan aman. Penyelidikan lebih lanjut masih akan dilakukan terkait penemuan ini.

Kapolres Boyolali, AKBP. Petrus Parningotan Silalahi, saat dikonfirmasi membenarkan adanya Penemuan granat tersebut, Beliau mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan waspada. Jangan panik atau menyentuh benda mencurigakan yang ditemukan di sekitar lingkungan Anda. Segera hubungi pihak kepolisian setempat jika menemukan benda yang diduga berbahaya atau mencurigakan.

Kami dari kepolisian akan terus berupaya untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat. Namun, kerjasama dari seluruh elemen masyarakat sangatlah penting dalam menjaga keamanan bersama. Mari kita tingkatkan kesadaran akan keamanan dan bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap aman dan damai. (Eko arianto)


 

BACA JUGA  Gabungan Personel TNI-Polri Laksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kunjungan Kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Pekalonga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *