Scroll untuk baca artikel
Example 425x400
Berita Daerah

Kantor Bawaslu dan KPU Pesawaran Didemo Ratusan Massa

34
×

Kantor Bawaslu dan KPU Pesawaran Didemo Ratusan Massa

Sebarkan artikel ini
Gambar ratusan massa lakukan demo di depan kantor KPU dan Bawaslu Daerah kabupaten Pesawaran, Doc photo: (Sufiyawan/tim)

PESAWARAN, GirPos.com – Ratusan warga dan anggota dari sejumlah lembaga masyarakat Daerah Pesawaran, yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu (AMPP) Mendemo Penyelenggara Pemilihan Umum, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten setempat, yang dinilai tidak profesional dan tidak becus dalam menjalankan tugas selaku Panitia Pemilu, Selasa (5/3/2024) Pukul 10.00 WIB Sampai dengan selesai.

Dalam orasinya, Pendemo menuntut agar Ketua Bawaslu, Fatihunnajah dicopot dari jabatannya, karena dipandang sudah tidak layak untuk dipertahankan sebagai ketua Bawaslu.

Pasalnya sebagai wasit dalam pelaksanaan pemilu KPU dan Bawaslu, keduanya dituding berlaku tidak profesional, karena diduga telah ikut bermain, dengan melakukan pemihakan untuk memenangkan sosok Caleg yang diinginkan.

BACA JUGA  Wabup Ikut Rakor Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Mcp dan Survey Penilaian Integritas

Didepan pintu masuk kantor Bawaslu Pesawaran, para pendemo sempat terjadi saling dorong dengan pihak keamanan. Sebelum akhirnya, para perwakilan pendemo diterima oleh Ketua Bawaslu untuk menyampaikan aspirasinya begitu juga di kantor KPU setempat

Korlap Aksi Sumara dalam keterangannya usai diterima Ketua Bawaslu mengatakan, Aliansinya menuntut dan meminta kepada KPU dan Bawaslu Pesawaran untuk transparan dalam setiap keputusannya. Terlebih, terhadap penanganan masalah yang terindikasi dengan adanya terjadi pelanggaran.

“Kami minta kepada KPU dan Bawaslu untuk bersikap transparan terhadap keputusan yang diputuskannya, tidak sembunyi-sembunyi, sehingga tidak ada ruang bagi masyarakat untuk protes atau memberikan koreksinya, apalagi terhadap penanganan persoalan yang memang diketahui ada terjadi pelanggarannya,” ucap Sumara.

BACA JUGA  Beredarnya Berita Video Kotak Suara Rusak, Ketua FPII Korwil Pesawaran Angkat Bicara

“Jangan janjinya mau melakukan konferensi Pers, nyatanya tidak ada, ini kan sama saja telah berbohong,” sambungnya.

Untuk itu kata Sumara, pihaknya akan terus memantau dan mengawal kinerja penyelenggara Pemilu tersebut, sampai pada terlaksananya penyelenggaraan Pilkada nanti.

“Pokoknya kita akan terus memantau dan mengawal kinerja dari KPU dan Bawaslu, jangan keluar dari Rel-nya, sampai pada pelaksanaan Pilkada nanti,” janjinya.

Sementara Ketua KPU Pesawaran, Yatin, mengatakan, pihaknya menyambut positif terhadap segenap aspirasi, keinginan dan tuntutan dari perwakilan pendemo. Dia juga mengucapkan terimakasihnya atas koreksi terkait kinerja pihaknya selama ini, yang kesemuanya bermuara untuk perbaikan bagi kinerja penyelenggara Pemilu itu sendiri.

“Tentunya disini kita ucapkan banyak terimakasih, atas semua aspirasi yang telah disampaikan oleh perwakilan unras tadi, terlebih yang berisi koreksi dan himbauan kepada kami, untuk kedepan agar bekerja lebih baik lagi,” Pungkasnya. (Suf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250