Apel Kasat Kamling, Wakapolres Pekalongan : Kehadiran Satkamling Harus Betul-Betul Bisa Menjadi Cooling System

PEKALONGAN,GirPos.com-Polres Pekalongan – Polda Jateng – Apel Satkamling jajaran Polres Pekalongan tahun 2024 digelar pagi tadi, Senin (15/01/2024) di halaman Polres Pekalongan. Apel dipimpin langsung oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Kholid Mawardi, S.H., M.H.

Disampaikan Kompol Kholid, apel ini merupakan salah satu upaya revitalisasi satkamling. dan diharapkan dapat meningkatkan semangat serta mengoptimalisasikan peran satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas, guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

“Untuk itu, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan,” kata dia.

Menurutnya, satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan Rt/Rw pada kelurahan/desa, dimana kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

BACA JUGA  H. Rodi Wijaya Pimpin Rapat Paripurna DPRD Terbuka Dalam Menyampaikan Nota Keuangan Serta RAPBD Kota Lubuk Linggau Tahun 2024

Solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan satkamling. Selain itu, satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal.

Lebih lanjut, Kompol Kholid menegaskan, satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih saat ini menghadapi agenda nasional yaitu pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

“Jadi, kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing. Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,”

“Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong visi Indonesia emas yang kita cita-citakan bersama,” tandasnya.

BACA JUGA  Amankan Mudik Nataru, Kapolda Jateng Cek Kesiapan Pos Terpadu Tol Kalikangkung

Hadir juga dalam apel kasat kamling, para PJU Polres Pekalongan, Kapolsek jajaran Polres Pekalongan, Bhabinkamtibmas jajaran Polres Pekalongan, anggota Polres Pekalongan serta Kasat Kamling jajaran Polres Pekalongan. (Seto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *