Scroll untuk baca artikel
Example 425x400
Berita DaerahPekalongan

Satpol PP Pekalongan dan Petugas Bea Cukai Tangkap Penyelundupan Rokok Tanpa Cukai di Exit Tol Bojong

41
×

Satpol PP Pekalongan dan Petugas Bea Cukai Tangkap Penyelundupan Rokok Tanpa Cukai di Exit Tol Bojong

Sebarkan artikel ini
Satpol PP Pekalongan dan Petugas Bea Cukai Tangkap Penyelundupan Rokok Tanpa Cukai di Exit Tol Bojong, (doc photo: istimewa)

PEKALONGAN,GirPos.com – Satpol PP Kabupaten Pekalongan dan petugas bea cukai berhasil menggagalkan penyelundupan rokok tanpa cukai di exit tol Bojong Pekalongan. Dalam operasi yang dilakukan pada tanggal __29/11/2023_, sebanyak ribuan bungkus rokok tanpa cukai berhasil disita dari sebuah kendaraan minibus warna silver, Kamis (30/11/23).

Dalam operasi tersebut, Satpol PP Kabupaten Pekalongan dan petugas bea cukai menemukan ribuan bungkus rokok ilegal yang disembunyikan di dalam kotak-kotak yang berada di salah satu bagian mobil.Tidak hanya amankan barang bukti,Petugas juga mengamankan dua kurir rokok ilegal tersebut.

Sebelumnya petugas gabungan telah mengintai adanya aksi pemasok rokok ilegal, Bahkan petugas sempat membututi dari Exsit Tol Sentono di kota pekalongan, masuk tol hingga Exit tol bojong (Pekalongan).

Bupati pekalongan, Fadia Arafiq pada awak media rabu malam (29/11/2023) di pendopo kabupaten pekalongan,saat melakukan pengecekan ratusan ribu rokok ilegal,menjelaskan pihaknya telah dua kali melakukan hal yang sama,yakni di Bulan juli 2023 dan November 2023 ini.

BACA JUGA  Curi Motor di 4 Lokasi di Pekalongan, Warga Pati ini¬†Dibekuk jajaran Sat Reskrim Polres Pekalongan

“Malam ini kita berhasil berusaha mencegah kerugian negara,kita berhasil menggagalkan upaya peredaran rokok ilegal sebanyak ratusan ribu batang,dengan kerugian negara Rp 125 juta,”kata fadia arafiq.

Menurutnya sebelumnya pihaknya juga melakukan hal yang sama melakukan pencegahan peredaran rokok ilegal pada bulan juni sebanyak 332 ribu batang rokok ilegal.

“Artinya memang dari kami pemerintah kabupaten pekalongan bersama satpol PP bersama bea cukai sama -sama bisa menekan angka kerugian negara bahkan bisa menghentikan total nantinya,”katanya selain mengamankan ratusan ribu batang rokok ilegal, pihaknya juga mengamankan sebuah mobil minibus yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal bersama kurirnya.

“Tadi diamankan di Exit tol bojong,dimana sudah di intai beberapa hari sebelumnya perjalanan mereka,saat keluar Exit tol langsung kita sergap,”jelas Fadia.

BACA JUGA  Polisi Mediasi Kasus Pencurian Durian di Doro Pekalongan yang Berakhir Damai

Rokok ilegal tersebut,ditambahkan Fadia berasal dari surabaya jawa timur,yang akan di edarkan di wilayah-wilayah kabupaten pekalongan dan sekitarnya.

Kepala Satpol PP Kabupaten Pekalongan Bambang Dwi Yuswanto menambahkan, pihaknya sebelumnya sudah mengintai kendaraan muatan rokok ilegal tersebut,saat diamankan di Exit tol bojong dan menanti kurir lain lagi.yang biasa dilakukan pengiriman secara terputus dengan kendaraan yang sama.

“Kita terima informasi bahwa akan ada pengiriman barang(Rokok ilegal)kita kordinasi dengan teman-teman lainya dan Bea cukai untuk kita intai, bahwa operasi ini merupakan hasil kerja sama antara Satpol PP dan bea cukai untuk kita Intai, memberantas peredaran rokok ilegal di wilayah tersebut. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak membeli rokok tanpa cukai karena dapat merugikan negara dan juga kesehatan konsumen.”Ungkapnya

BACA JUGA  Pedagang Pasar 16 Ilir Minta PJ. Walikota Palembang Segera Mundur Dari Jabatannya¬†

Pihak Bea Cukai yang bertugas menambahkan bahwa operasi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk melindungi industri rokok legal dan juga menjaga pendapatan negara. Ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap peredaran barang ilegal di wilayah tersebut.

Dalam operasi ini, petugas berhasil mengamankan dua orang tersangka yang kini sedang diamankan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Keberhasilan operasi ini tidak lepas dari kerja sama dan koordinasi yang baik antara Satpol PP, bea cukai, dan pihak kepolisian setempat. (Yanto/Simbah)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250