Polres Pringsewu Berikan Penyuluhan Keamanan Pemilu Kepada Ratusan Anggota Sat Linmas

Polres Pringsewu Berikan Penyuluhan Keamanan Pemilu Kepada Ratusan Anggota, (Doc Poto: Polres Pringsewu)

PRINGSEWU, GirPos.com – Ratusan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) yang berasal dari Kecamatan Banyumas dan Kecamatan Pagelaran Utara, menerima penyuluhan peningkatan Kapasitas Sat Linmas, dari Anggota Kepolisian Polres Pringsewu dan Satpol-PP Kabupaten Pringsewu. Acara ini berlangsung di GSG Pekon Sinar Mulya, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Selasa (21/11/2023).

Adapaun pemateri yang terlibat dalam kegiatan ini, Kaur Bin Ops Sat Binmas, Iptu Eko Sujarwo, Kanit Bhabinakmtibmas, Aiptu. Edi Supranyana dan Kasat Pol-PP Kabupaten Pringsewu, Jahron. Kegiatan ini juga di hadiri para Kepala Pekon (Desa) sekecamatan Banyumas dan Pagelaran Utara.

Kapolres Pringsewu, AKBP. Benny Prasetya melalui Kaur Bin Ops Sat Binmas, Iptu. Eko Sujarwo mengatakan, tujuan kegiatan penyuluhan ini untuk meningkatkan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) dalam mendukung kelancaran dan keberhasilan Pemilihan Umum 2024.

BACA JUGA  Peratin Pekon Sumber Agung “Zaili” Pimpin Upacara Senin Apel Pagi

“Peningkatan kapasitas Sat Linmas sangat diperlukan agar mereka dapat mengantisipasi dan mengatasi potensi kerawanan serta konflik yang mungkin timbul selama proses pemilu. Kami ingin memastikan bahwa pemilu berlangsung dengan damai dan tertib,” ungkap Kaur Bin Ops Sat Binmas, Iptu. Eko Sujarwo, dalam pernyataannya kepada media setelah memberikan penyuluhan kepada ratusan anggota Sat Linmas di GSG Kecamatan Pagelaran Utara pada Selasa siang.

Menurut Iptu Eko, dalam sesi penyuluhan, peserta diberikan pemahaman mendalam tentang tugas dan tanggung jawab Sat Linmas, protokol keamanan, serta teknik komunikasi yang efektif dalam penanganan situasi. Materi penyuluhan juga mencakup aspek hukum yang mengatur peran Sat Linmas, termasuk aturan penggunaan kekuatan yang proporsional.

BACA JUGA  Polres Pringsewu, TNI dan Satpol-PP Lakukan Patroli

“Kami berharap, dengan peningkatan kapasitas ini, Sat Linmas dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi setiap situasi yang mungkin terjadi selama pelaksanaan pemilu,” papar Iptu. Eko.

Kerjasama yang baik antara Polres Pringsewu dan Sat Linmas menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan pemilu yang demokratis dan aman,” tambah Iptu Eko, yang merupakan perwira pertama polri lulusan Sekolah Inspektur Polisi.

Iptu. Eko juga menyampaikan harapannya bahwa melalui kegiatan ini, sinergi antara Polres Pringsewu dan Sat Linmas semakin diperkuat, menciptakan lingkungan yang kondusif, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi. (Anjona)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *