Bhabinkamtibmas dan Polisi RW Menjadi Ujung Tombak Menstabilkan Situasi Politik Pemilu

Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Lampung dan ratusan anggota Polisi RW Polres Pringsewu di Aula Mapolres, (Doc Photo Polres Pringsewu)

PRINGSEWU, GirPos.com – Bhabinkamtibmas dan Polisi RW diharapkan menjadi ujung tombak Polri dalam menstabilkan situasi politik selama pemilu.

Hal ini disampaikan Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya, dihadapan tim asistensi Polisi RW dari Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Lampung dan ratusan anggota Polisi RW Polres Pringsewu di aula Mapolres setempat. Rabu siang (25/10/2023).

“Bhabinkamtibmas dan Polisi RW, selain memiliki tanggungjawab memelihara keamanan dan ketertiban juga memiliki peran penting dalam menurunkan suhu politik pemilu,” ujar AKBP Benny Prasetya

ia mengingatkan akan potensi kerawanan pemilu seperti black campaign, hoaks, ujaran kebencian, dan konflik politik identitas yang dapat menjadi pangkal ketidakstabilan.

Benny Prasetya menekankan pentingnya edukasi oleh Polisi RW kepada warga tentang pemilu damai, serta sinergi dan soliditas dengan berbagai pihak untuk mencegah potensi konflik yang lebih besar.

“Polri juga tidak kerja sama sendiri, sehingga perlu kerjasama dan koordinasi dengan seluruh elemen masyarakat,” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Lampung, Kombespol Anang Triarsono, menyampaikan bahwa Polisi RW memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat khususnya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pemilu 2024.

Dengan pengetahuan yang diperoleh melalui asistensi ini, Polisi RW diharapkan dapat lebih efektif dalam memberikan pengawasan dan mengatasi potensi gangguan Kamtibmas di wilayahnya.

“Bhabinkamribmas dan Polisi RW harus mengetahui setiap permasalahan di wilayah kerjanya. Tak terkecuali potensi dan kerawanan yang mengarah pada permasalahan di permukaan. Polisi RW harus bisa mengkomunikasikan potensi masalah tersebut dengan baik,” ungkapnya.

BACA JUGA  Nyaris Diamuk Masa, Polisi Amankan Seorang Curi Motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *