Scroll untuk baca artikel
Example 425x400
Berita Daerah

Panen 2 Kali Setahun, Kodam II/Swj Bangun Saluran Air di Lahan Rawa

24
×

Panen 2 Kali Setahun, Kodam II/Swj Bangun Saluran Air di Lahan Rawa

Sebarkan artikel ini

Pedamaran # Girpos.com – Dalam program optimalisasi lahan rawa tahun ini, dengan membangun saluran air diharapkan Kodam II/Swj dapat membantu masyarakat panen 2 kali dalam setahun.

Hal itu disampaikan Kapendam II/Swj Kolonel Arh Saptarendra Prasada, S.T., M.M dalam rilisnya, OKI, Sumsel, Minggu (10/03/2024)

Diungkapkan Kapendam, Minggu (10/03/2024) Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil dan rombongan melaksanakan peninjauan ke lokasi program Optimalisasi Lahan Rawa di Desa Suka Pulih, Pedamaran, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel.

“Pangdam menghendaki agar masing-masing pihak bisa bekerja sama dengan baik sehingga dapat dilakukan percepatan dan adanya target waktu penyelesaiannya,”ujar Sapta

Pangdam juga, lanjutnya, ingin ke depannya OKI bisa menjadi penghasil pangan nomor 1 di Sumsel.

BACA JUGA  Hadiono SH: Hasil Musrenbang Tingkat Kecamatan Akan Kita Bawa Ke Musrenbang Kabupaten

“Kalau…Pangdam berharap bisa mengalahkan daerah pulau Jawa, tidak ada lahan yang menganggur atau tidur,”tandas dia.

Namun itu semua, kata dia lebih lanjut, dapat terwujud apabila waktu panen padi yang semula 1 kali bisa menjadi minimal 2 kali dalam setahun.

Percepatan pengolahan lahan saya harapkan dapat dilaksanakan secepatnya bila perlu dalam waktu 1 Minggu selesai.

“Kendala di lahan rawa adalah saluran air , sehingga dalam program optimalisasi lahan rawa. TNI AD dalam hal ini Kodam II/Swj akan membantu membangun saluran air dan kegiatan pendampingan lainnya,”tutup Sapta

Sementara itu, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Dr. Ali Jamil, M.P, PHd ungkapkan bahwa Sumsel merupakan penyedia pangan terbesar kelima se-Indonesia.

BACA JUGA  Polres Pringsewu Gelar Bakti Sosial Kesehatan Sukseskan Pemilu 2024

“Sehingga target luasan lahan untuk kegiatan OPLA di Provinsi Sumsel termasuk yang terluas yakni 98.400 hektar,”ujar Ali

Terkait dengan sasaran dari kegiatan ini, Ali optimis Sumsel dapat meningkat dibandingkan kondisi saat ini.

“Untuk Indeks Pertanaman (IP) nya baru 1,1. sementara IP Nasional baru 1.4. Melalui program OPLA ini diharapkan bisa meningkatkan indeks pertanaman dari IP 1 menjadi IP 2,”tegas dia.

Masih di tempat sama, Pj Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Ir. H. Asmar Wijaya dalam sambutannya ungkapkan, saat ini OKI merupakan penghasil beras ke-3 terbesar di Sumsel.

“Kendalanya di segi lahan pertanian, sehingga belum maksimal. Untuk itu dengan Opla diharapkan akan meningkatkan produksi Pangan,”tegas Asmar.

BACA JUGA  Karang Taruna Lampung Buka Puasa Bersama dan Bakti Sosial

Untuk diketahui, sesuai penyampaian sakit Kepala Dinas pertanian OKI Ir Sahrul. M.Si. , luas lahan yang akan dioptimalkan di wilayah OKI adalah sejumlah melaksanakan Opla 6.500 Ha karena terdapat kendala bagi masyarakat yaitu perlunya sirkulasi air supaya tidak menggenangi sawah.

Selain Danrem 044/Gapo dan Kapendam II/Swj, dalam acara itu hadir Asops dan Aster Kasdam II/Swj, Kazidam II/Swj, Kasiter Kasrem 044/Gapo, Dandim 0402/OKI, Kapolres OKI serta para pejabat lain terkait.

 

(Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250