Scroll untuk baca artikel
Example 425x400
Berita DaerahPekalongan

Polres Pekalongan Gelar Apel Kesiapan Pengamanan TPS dan Simulasi Pengawalan Kotak Suara Pemilu 2024

20
×

Polres Pekalongan Gelar Apel Kesiapan Pengamanan TPS dan Simulasi Pengawalan Kotak Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

PEKALONGAN,GirPos.com-Polres Pekalongan – Polda Jateng – Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K., M.H. memimpin apel kesiapan pengamanan TPS dan simulasi pengawalan kotak suara pemilu 2024 yang digelar di halaman Polres Pekalongan, Selasa (06/02) pagi. Dalam apel ini hadir diantaranya para pejabat utama Polres Pekalongan, Kapolsek jajaran, perwira staf dan diikuti seluruh personil yang terlibat pengamanan TPS.

Dalam amanatnya Kapolres menyampaikan, Pemilu 2024 dilaksanakan secara serentak guna memilih wakil rakyat yang akan duduk di DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta anggota DPD. Selain hal tersebut, pada pemilu tahun ini juga untuk memilih Presiden dan wakil Presiden periode 2024-2029.

BACA JUGA  Di Rest Area 338 A, Kapolres Pekalongan Pantau Pemberlakuan One Way Saat Arus Balik Lebaran

“Jumlah TPS yang harus diamankan oleh Polres Pekalongan pada pemilu tahun 2024 ini, berjumlah 2.570 TPS yang bertempat di 259 Desa, 17 Kecamatan yang tersebar di wilayah hukum Polres Pekalongan,” ujar Kapolres.

Sementara itu dalam pengamanan TPS kali ini, Polres Pekalongan menggunakan pola pam 2:32:16 artinya 2 Polri, 32 linmas, 16 TPS. Dari pola tersebut, personil pengamanan TPS berjumlah 327 personil Polri yang terdiri dari: 85 personil Polsek jajaran, 108 personil Polres dan 134 personil BKO dari Polda Jateng.

Sehubungan adanya BKO dari Polda Jateng Kapolres berharap agar kegiatan pengamanan berjalan dengan baik, maka Polres Pekalongan menggunakan sistem pendampingan. Selain itu, dalam mendukung pengamanan pemilu 2024 Polres Pekalongan juga akan mendapatkan personil BKO dari TNI khususnya dari Kodam IV Diponegoro sejumlah 90 personil yang akan ditempatkan di masing-masing Polsek jajaran.

BACA JUGA  SMAN 1 Simpang Rimba Gelar Seminar Parenting, Peran Penting Orang Tua dalam Persiapkan Masa Depan Anak

“Oleh karena itu, diharapkan masing-masing personil pengamanan TPS mengerti dan memahami cara bertindak dalam pengamanan TPS dan pengawalan kotak suara”, tegas Kapolres.

Dalam kesempatan itu, AKBP Wahyu Rohadi memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani guna mendukung keberhasilan pengamanan TPS.

“Awali setiap kegiatan kita dengan berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa agar selalu diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan tugas. Jaga netralitas sebagai insan Bhayangkara dengan memupuk sinergitas dan soliditas dengan TNI dan stakeholder lainnya dalam pelaksanaan pengamanan pemilu agar berjalan dengan aman dan lancar,” ungkap AKBP Wahyu Rohadi.

Lebih lanjut, Kapolres meminta kepada seluruh personil untuk melaksanakan tugas pengamanan secara profesional dan humanis, serta memberikan pelayanan terbaik sesuai Standar Operation Procedure (SOP).

BACA JUGA  Pemkab Pringsewu Adakan Gerakan Serentak Tanam Cabai

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan simulasi TPS dan pengawalan kotak suara dalam rangka persiapan pungut suara pada pemilihan umum tahun 2024(Seto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250