Scroll untuk baca artikel
Example 425x400
Berita DaerahPekalongan

Jelang Operasi Lilin Candi 2023, Polres Pekalongan Gelar Latihan Pra Operasi

55
×

Jelang Operasi Lilin Candi 2023, Polres Pekalongan Gelar Latihan Pra Operasi

Sebarkan artikel ini

Pekalongan, GirPos.com – Polda Jateng – Sebagai upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Kepolisian Resor Pekalongan akan menggelar Operasi Lilin Candi 2023.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa kegiatan rutin tahunan tersebut bertujuan untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Polres Pekalongan mengawali kegiatan operasi dengan latihan Pra Operasi (Latpraops) yang dibuka langsung oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Ahmad Ghifar Alahfaqsy, S.H., S.I.K., M.H, Kamis (21/12).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Polres Pekalongan itu, mengambil tema “Melalui latihan pra operasi kita tingkatkan kemampuan dan profesionalisme Polri dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 guna memelihara Keamanan Dalam Negeri.”

BACA JUGA  Bentuk Apresiasi Dedikasi Kinerja, Kepala Bapas Pangkalpinang Berikan Penghargaan Pegawai Teladan

Latpraops diikuti oleh para PJU, Kasat dan Kapolsek jajaran serta seluruh anggota yang terlibat ops Lilin Candi 2023.

Kompol Ghifar yang mewakili Kapolres Pekalongan dalam kesempatan itu menyampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan operasi Lilin Candi 2023 yang akan digelar mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024. Ia meminta kepada personil yang terlibat, bisa memiliki inovasi dan juga azas kepantasan agar diperhatikan terutama kekuatan personil. “Karena kita kegiatannya bersamaan dengan OMB, saya minta kepekaan rekan-rekan anggota, jika ada hal yang tidak pantas, khususnya kepada institusi Polri agar lebih peka,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, ia juga meminta kepada pengurus gereja dan masyarakat sekitar untuk bisa membantu dan terlibat dalam pengamanan, sehingga bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA  Polisi Bersama PMI Pekalongan Evakuasi Pohon Tumbang ini!

Ia menambahkan, jika kondusifitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Pekalongan harus bisa diciptakan selama pelaksanaan operasi. “Seperti mengantisipasi konflik antar agama, kecelakaan lalu lintas, dan juga kriminalitas di Kabupaten Pekalongan,” imbuh Wakapolres.

Oleh karena itu, jalin komunikasi dengan pengelola wisata, dan upayakan di tempat wisata ada tim medis. “Untuk Sat Binmas agar memberikan himbauan kepada masyarakat yang intinya antisipasi rumah kosong dan pencurian,” paparnya.

Memasuki musim penghujan ini, Kompol Ghifar mengharapkan kesiapsiagaan, baik personil maupun sarana dan prasarana guna mengantisipasi jalur rawan longsor dan musibah bencana alam lainnya.

“Mari kita laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tetap jaga kesehatan dan keselamatan dengan harapan kegiatan berjalan aman dan kondusif,” tutup Wakapolres mengakhiri sambutannya.

BACA JUGA  Konsolidasi Bersama Ketua TKD Sumsel, Partai Berkarya Komitmen Mendukung Capres-Cawapres Prabowo-Gibran

Sementara itu, Kabagops Polres Pekalongan Kompol Farid Amirullah, S.H., M.H mengungkapkan, personil yang terlibat dalam operasi lilin candi 2023 sebanyak 402 terdiri dari unsur Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes, PMI, Senkom dan Orari.

Kompol Farid menekankan perlunya peningkatan giat Kepolisian, diantaranya operasi miras, serta patroli di tempat ibadah gereja. (Seto)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250