Scroll untuk baca artikel
Example 425x400
Berita PeristiwaWonogiri

Basarnas Hentikan Pencarian Warga Tertimbun Longsor di Kismantoro

301
×

Basarnas Hentikan Pencarian Warga Tertimbun Longsor di Kismantoro

Sebarkan artikel ini

WONOGIRI, GirPos.com – Polres Wonogiri Polda Jateng, Basarnas resmi menghentikan pencarian warga yang tertimbun longsor di Dsn Jaten Desa Ngroto Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Penghentian dilakukan setelah hari ke-7 pencarian. Senin (11/12/2023).

Kapolsek Kismantoro mengatakan, penghentian pencarian itu dilakukan sejak sore ini (11/12/2023). Sebelum dihentikan, tim gabungan di pimpin Basarnas telah melakukan pencarian selama tujuh hari.

“Hari ini memang hari terakhir pencarian korban longsor di Dsn Ngroto. Secara SOP sudah disampaikan oleh Koordinator Basarnas Surakarta. Dengan demikian, seluruh personel Basarnas sudah meninggalkan lokasi kejadian,” katanya.

Meski pencarian sudah dihentikan, Kapolsek mengatakan, petugas masih akan melakukan pemantauan di lokasi kejadian.

“BPBD TNI/Polri, pemerintah setempat dan masyarakat setempat masih tetap melaksanakan pemantauan di lokasi longsor,” jelasnya.

BACA JUGA  Tragis, Bocah Kelas Dua SD Tewas Tenggelam di Bendungan Sungai Way Mincang Pardasuka

Kapolsek mengatakan tim SAR gabungan telah berupaya untuk mencari jasad korban. Namun, sayangnya hingga pencarian dihentikan, korban tak juga kunjung ditemukan.

Menurutnya, petugas yang melakukan pencarian juga mengalami kendala dengan material longsor yang cukup luas. Dan juga tidak di temukannya barang – barang milik korban dan tanda – tanda keberadaan koeban. Selain itu, alat berat juga tidak bisa di turunkan untuk melakukan pencarian dan juga hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir juga menyulitkan petugas untuk mencari korban.

“Sesuai dengan kemampuan kita, sudah kita kerahkan semua kekuatan. Longsoran cukup luas dan Kedalaman timbunannya ada yang sampai 5 meter, dengan Medan yang curam dan sulit serta musim hujan pula. Keberadaan personel di lapangan juga berisiko tinggi, sampai saat ini aman semua personel,” pungkasnya.

BACA JUGA  Peristiwa Ditemukan Tewas Hanyut di Sungai Bocah 3,5 Tahun di Pringsewu

Sebelumnya, diberitakan, peristiwa longsor terjadi di Dsn Jaten Desa Ngroto Kec. Kismantoro Kab. Wonogiri. Longsor itu terjadi Selasa (5/12/2023) sekitar pukul 08.30 WIB.

Adapun warga yang hilang, yakni Mijem (63). merupakan warga setempat. Saat kejadian korban tengah memupuk padi di lahan pertanian tersebut. Namun, tiba-tiba lahan pertanian yang terletak di perbukitan tersebut longsor dan menimpa korban.

Petugas bersama warga masyarakat sekitar sudah melakukan pencarian dengan maksimal dengan peralatan seadanya, namun, sampai saat ini korban tidak juga ditemukan. (Mbah yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250