Diperkirakan 5Ha Kebun Kopi dan Lada Milik Warga Rantau Tijang Dilalap Sijago Merah

Gambar Sijago merah lalap kebut kopi, kakau dan lada milik Warga, (Doc Photo Hasan/Girpos)

PRINGSEWU, GirPos.com – Kebun kopi, kakau dan lada milik warga Pekon Rantau Tijang, kecamatan Pugung, kabupaten Tanggamus kebakaran, berawal pada siang hingga Sabtu 28/10/23 malam yang berusaha dipadamkan warga, Minggu (29/10/2023).

Informasi terhimpun, bahwa sumber api diperkirakan dari buangan puntung rokok hal ini mengakibatkan kurang lebih 5 Ha lebih kebun kopi, kakau terbakar.

Menurut salah sumber yang ditemui, Imron mengatakan lahan kebun kopi, kakau dan lada yang terbakar sekitar 5 Ha lebih dari masing-masing milik warga Pekon Rantau Tijang.

 “Ada sekitar kurang lebih 5 ha, itu diperkirakan sumber api yang merambat ke kebun warga yang tepatnya di sebrang kali way Tebu,” katanya saat dikonfirmasi pada malam Sabtu pukul 22:30 Wib.

Yaspi salah satu Aparatur Pekon pada peristiwa itu, warga bersama aparat pemerintah Pekon Rantau Tijang  langsung bergerak memadamkan api dengan alat seadanya.

Kami hanya membawa pompa ransel untuk menyemprot api yang menjalar ke mana-mana,” ujar Yaspi.

Lebih lanjut Yaspi mengatakan bahwa pada awalnya, yang terlihat dari kejauhan hanya satu titik dan mengeluarkan asap tebal ke udara. Lalu bersama warga langsung menuju tempat titik api tersebut.

”Kemudian kami bersama warga menuju titik api dan memadamkan. Namun api yang menjalar tidak bisa kami tangani. akibatnya, kebakaran tetap terjadi hingga malam hari,” ungkapnya.

Hal ini belum diketahui berapa kerugian yang dialami para petani akibat kebakaran tersebut.

“Kondisi cuaca yang panas di wilayah pugung memang cukup tinggi. Karena dalam kondisi kemarau, inilah potensi kebakaran cukup besar,” tutupnya. (Red)


BACA JUGA  Diduga Oknum Guru SMPN Sendang Agung Rngan Tagan, R Trauma Tak Mau Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *